Home / KEPRI / TANJUNGPINANG / Drs. Tengku Dahlan, MT:  KTP digital Sedang Di Uji Coba Untuk Seluruh Pegawai Disdukcapil Kota Tanjungpinang

Drs. Tengku Dahlan, MT:  KTP digital Sedang Di Uji Coba Untuk Seluruh Pegawai Disdukcapil Kota Tanjungpinang

Plt. Kepala dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tanjungpinang, Drs. Tengku Dahlan, MT

Detikexpose.com, Tanjungpinang –  Kementerian Dalam Negeri  penerapan KTP elektronik (e-KTP) digital akan dilakukan secara bertahap, e-KTP digital masih dalam tahap uji coba sejak 2021 di 58 kabupaten/kota.

Seperti diketahui bahwa pencatatan data kependudukan di Indonesia terus mengalami peningkatan, mulai dari KTP biasa yang beralih ke KTP Elektronik, hingga saat ini KTP Digital untuk masyarakat Indonesia.

Kartu Tanda Penduduk (KTP) sendiri merupakan identitas resmi seorang penduduk sebagai bukti diri yang diterbitkan oleh instansi pelaksana yang berlaku di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Plt. Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Tamjungpinang, Drs. Tengku Dahlan, MT. kepada detikexpose.com diruang kerjanya, Kamis ( 1/9/2022), Keberadaan NIK dinilai sangat penting karena digunakan untuk mengakses berbagai layanan publik, terkhusus bagi layanan publik yang membutuhkan syarat-syarat administratif. Seperti misalnya mendaftar asuransi kesehatan, mengurus surat kehilangan di kepolisian, syarat melangsungkan pernikahan, membuka rekening bank, dan lain sebagainya.

“KTP Digital atau identitas digital ini sendiri merupakan pemindahan KTP Elektronik yang saat ini digunakan oleh masyarakat Indonesia ke dalam handphone, baik itu berupa foto, ataupun QR Code,”Ujarnya.

“Penerapan identitas digital dilakukan secara bertahap, untuk sementara ini ujicoba di lakukan untuk seluruh pegawai disdukcapil kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau” Jelasnya.

“Setelah selesai didisdukcapil baru di evaluasi, setelah itu kita umumkan untuk masyarakat umum, untuk melakukan kepengurusan KTP digital secara bertahap.

“Pelaksanaan ujicoba KTP digital ini untuk pegawai Disdukcapil sudah berjalan sekitar dua bulan, KTP digital nomo NIK tetap,” jelasnya.

“Saya menghimbau kepada aeluruh masyarakat khusnya Kota Tanjungpinang, agar dapat memanfaatkan program pemerintah ini secara bertahap nantinya setelah kami umumkan.

Pewarta: Herman
Editor    : Redaksi

Share this:

About detikexpose

Tinggalkan Balasan