Home / BINTAN / Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Uban Bintan Minta Persyarakat Pengurusan Paspor Diluar Ketentuan.?

Imigrasi Kelas II TPI Tanjung Uban Bintan Minta Persyarakat Pengurusan Paspor Diluar Ketentuan.?

Detikexpose.com, Bintan– Masyarakat di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepri yang ingin melakukan pengurusan Paspor di Imigrasi Kelas II TPI  Tanjung Uban  diduga sengaja di persulit oleh petugas imigrasi saat melakukan pengurusan parpor.

Salah seorang Warga Kabupaten Bintan yang tidak mau di sebutkan namanya, menyampaikan kepada media ini sekitar Tgl. (7/7/2022) yang lalu, bahwa iya mengurus paspor di imigrasi Kelas II TPI Tanjung Uban, dan telah membayar biaya pengurusan paspor dan telah di wawancarai, namun sekitar  beberapa hari iya di panggil lagi, dan di sampaikan ada yang kurang persyaratan kata petugas imigrasi kepadanya, ya itu, surat pengalaman kerja.”Jelasnya.

Sesuai aturan dalam pengurusan pasport tidak ada namanya surat pengalaman kerja harus di cantumkan atau di tanyai, ini yang membuat warga kesulitan, artinya Imigrasi kelas II  Tanjung Uban menambah persyaratan pengurusan paspor di luar ketentuan yang berlaku.?

“Kalau cara-cara seperti ini di biarkan bisa merusak nama baik Kementerian Hukum Dan Hak Asaai Manusia Khususnya Keimigrasian, karna pegawai bawahan  bisa menambah persyaratan  pengurusan paspor di luar ketentuan yang di anggap sengaja mempersulit. “Cetusnya.

Syarat buat paspor 2022 untuk WNI

.Adapun beberapa dokumen persyaratan untuk cara buat paspor mengutip situs resmi Indonesia.go.id, yaitu:

.Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih berlaku atau surat keterangan pindah keluar negeri.
Kartu Keluarga (KK).

.Akta kelahiran, akta perkawinan atau buku nikah, ijazah, atau surat baptis.

.Surat kewarganegaraan Indonesia bagi Orang asing yang memperoleh kewarganegaraan Indonesia melalui pewarganegaraan atau penyampaian pernyataan untuk memilih kewarganegaraan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan;

.Surat penetapan ganti nama dari pejabat yang berwenang bagi yang telah mengganti nama;

.Paspor biasa lama bagi yang telah memiliki paspor biasa.

Kepala Imigrasi kelas II Tanjung Uban, Erwin Hariyadi,A.Md. SH. M.Si, melalui Kepala Seksi Muhammad Noor, mengatakan melalui percakapan telepon  kepada media ini, Kamis Sore ( 21/7/2022) bahwa, pemintaan itu surat pengalaman kerja, bukan sebagai persyaratan, hanya saja menurutnya, itu saat di wawancarai, karna ada saja warga kita ini datang keluar negeri untuk bekerja secara ilegal, maka bagian pewawancarai para peserta yang ingin mengus parpor di tanyakan pengalaman kerja.

Saya akan cek juga , kalau itu benar ini juga sebagai bahan evaluasi kepada  kami,” Ucapnya.

“Memang itu tidak ada dalam aturan, hanya saja karna banyak warga PMI Ilegal yang datang keluar Negeri begitulah cara kami untuk mencegatnya,”Ucapnya. ( Hs )

Share this:

About detikexpose

Tinggalkan Balasan