Home / BINTAN / Sekda Bintan Ronny Kartika Harapkan Redkar Dapat Menjadi Agen Pencegahan dan Penanggulangan Dini Kebakaran

Sekda Bintan Ronny Kartika Harapkan Redkar Dapat Menjadi Agen Pencegahan dan Penanggulangan Dini Kebakaran

Detikexpose.com,  Bintan – Sekda Kabupaten Bintan Ronny Kartika mewakili Bupati Bintan Roby Kurniawan membuka kegiatan Pembentukan dan Pembinaan Relawan Pemadaman Kebakaran (Redkar) Kabupaten Bintan Tahun Anggaran 2024, Senin (27/05) di Aula Kantor Kecamatan Toapaya.

Dalam sambutannya, Sekda Bintan memberikan apresiasi atas terlaksananya pembentukkan relawan pemadam kebakaran di Kabupaten Bintan khususnya di Kecamatan Toapaya. Hal ini menurutnya sebagai upaya kesiapsiagaan wilayah terhadap mitigasi bencana kebakaran yang terjadi di Bintan.

Menurutnya, kegiatan tersebut penting untuk dilaksanakan sebagai bagian dalam upaya memberikan jaminan serta proteksi kenyamanan, keamanan maupun keselamatan untuk masyarakat dalam penanggulangan bencana khususnya resiko kebakaran.

“Kita berharap tujuan dari pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran (REDKAR) ini adalah mampu meningkatkan peran masyarakat agar dapat memberikan kontribusi, pemikiran serta berperan aktif dalam pencegahan dan penanggulangan dini bencana kebakaran” tuturnya.

Dikatakannya juga bahwa dengan hal ini maka para Relawan Pemadam Kebakaran juga akan menerima edukasi serta pengetahuan terkait pencegahan, maupun penanggulangan bencana yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Untuk diketahui di Kecamatan Toapaya berdasarkan data BPBD Bintan dalam rentang periode bulan Januari – April tahun 2024, setidaknya terjadi 18 kejadian kebakaran.

“Jadi Relawan Pemadam Kebakaran ini akan menjadi agen bagi Pemerintah Daerah dan tidak saja terkait edukasi bencana kebakaran, bisa saja turut mensosialisasikan pencegahan bagaimana pola hidup sehat, tidak membuang sampah sembarangan dan lain-lain” pungkasnya.(**)

Editor: Redaksi

Share this:

About detikexpose

Tinggalkan Balasan