Home / KEPRI / TANJUNGPINANG / Gubernur Ansar Ajak Masyarakat Kepri Dukung Gernas BBI 2022

Gubernur Ansar Ajak Masyarakat Kepri Dukung Gernas BBI 2022

Detikexpose.com, Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau terpilih menjadi tuan rumah untuk melaksanakan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) tahun 2022. Menjelang dibukanya gelaran tersebut pada tanggal 30 Maret 2022 nanti di kota Batam, Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad menyerukan masyarakat Kepri untuk berpartisipasi aktif dalam acara tersebut baik secara langsung maupun daring.

“Terpilihnya Kepri menjadi tuan rumah Gernas BBI harus kita manfaatkan dengan maksimal untuk mempromosikan produk-produk UMKM kita,” kata Gubernur Ansar.

Gernas BBI merupakan program yang diluncurkan Presiden RI Joko Widodo pada 14 Mei 2020. Gernas BBI diluncurkan sebagai upaya pemerintah untuk menggenjot pemasaran produk dalam negeri yang dihasilkan UMKM dengan menggelorakan semangat bangga memakai produk Indonesia.

Dengan terpilihnya Kepri sebagai tuan rumah Gernas BBI, diharapakan dapat mendorong peningkatan nilai transaksi atau permintaan barang dan jasa yang dihasilkan pelaku usaha dalam negeri sehingga menciptakan efek berganda pada perekonomian Kepulauan Riau.

Dalam pelaksanaan Gernas BBI 2022, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berkolaborasi dengan Kemenkop UKM sebagai campaign manager, Bank Indonesia, Kemenko Marves, Kemenparekraf, top brands, kurator, media dan humas K/L, Asosiasi e-commerce Indonesia (idEA), brand ambassador dan komunitas terkait. Dalam hal ini Gubernur Provinsi Kepri berperan sebagai Key Opinion Leader.

Adapun tema yang diusung adalah “Expanding to the new market, Recover Together, Recover Stronger” yang dibungkus dengan tagline UKM Kepri Without Border.

Gernas BBI di Kepri juga diselaraskan dengan Gernas Bangga Berwisata Indonesia (BWI) dan Gebyar Melayu Pesisir (GMP) tahun 2022 yang menjadi bagian dari event pendukung Indonesia sebagai tuan rumah Presidensi G20.

Puncak dari rangkaian kegiatan GBBI tersebut akan dilaksanakan opening ceremony pada tanggal 30 Maret 2022 bersamaan dengan pembukaan Gebyar Melayu Pesisir tahun 2022 di Harbour Bay Batam. Kegiatan GMP dan GBBI akan dimeriahkan dengan pameran fisik UMKM dan webinar edukasi online selama 5 hari hingga 3 April 2022. Terdapat gelaran dan atraksi produk UMKM Kepri seperti fashion, kerajinan, makanan minuman dan paket wisata.

Opening ceremony akan dihadiri oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Gubernur Bank Indonesia, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Koperasi dan UKM, dan Gubernur Kepulauan Riau. Selain itu acara akan dimeriahkan oleh artis ibu kota dan terdapat hadiah bagi yang beruntung untuk setiap sesi kegiatan.(*)

Share this:

About detikexpose

Tinggalkan Balasan