Home / KEPRI / TANJUNGPINANG / Sempena Peringatan Hari Disabilitas, Kadinsos Achmad Nur Fatah: Kita Salurkan Bantuan Paket Nutrisi Dan Sembako

Sempena Peringatan Hari Disabilitas, Kadinsos Achmad Nur Fatah: Kita Salurkan Bantuan Paket Nutrisi Dan Sembako

Kepala Dinas Sosial Achmad Nur Fatah

DETIKEXPOSE.COM, TANJUNGPINANG – Sempena Peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI), Pemko Tanjungpinang melalui Dinas Sosial (Dinsos) salurkan bantuan paket nutrisi dan sembako kepada ratusan difabel di Tanjungpinang.

Petugas Dinas sosial saat mendatangi rumah penderita disabilitas serahkan bantuan

Bantuan yang disalurkan itu berasal dari berbagai donatur, salah satunya Balai Abiseka Pekanbaru dan Baznas Kota Tanjungpinang berupa paket nutrisi dan sembako.

berbagai bantuan di serahkan

Bantuan tersebut diserahkan sejak tgl 3 Desember 2021 ke seluruh penderita difabel, baik yang datang langsung ke kantor Dinas Sosial pada saat Peringatan Hari Disabilitas Internasional tgl 4 Desember 2021, maupun diantar langsung ke rumah-rumah penderita difabel tersebut.

Menurut kepala Dinas Sosial, Achmad Nur Fatah, bantuan yang diterima berjumlah 200 paket dan diserahkan ke pasien difabel dan lansia. (29/12/2021)

Baik yang datang ke kantor Dinsos, maupun yang diantar langsung ke rumah-rumah berjumlah 188 paket sembako. Dengan rincian kecamatan Bukit Bestari 43 paket, Tanjungpinang Kota 39 paket, Tanjungpinang Barat 34 paket dan Tanjungpinang Timur sebanyak 72 paket, dan sisanya 12 paket diperuntukkan bagi Panti Sosial Dinsos.

Sedangkan untuk paket nutrisi, dari jumlah 137 paket yang diterima, diperuntukkan untuk pasien difabel sebanyak 40 paket, lansia 96 paket dan anak-anak 1 paket, dan tersebar di seluruh kelurahan yang ada.

“Penyerahan tersebut sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap penderita difabel dan kita berharap agar penderita difabel dapat terbantu dan sebagai bentuk pengakuan terhadap disabilitas, peneguhan kepedulian untuk mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan disabilitas,” tutur Fatah.

Fatah juga menjelaskan bahwa sektor swasta juga didorong untuk bermitra dengan Dinas Sosial dalam merencanakan kegiatan dan aksi nyata, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat.

“Pada dasarnya kaum disabilitas membutuhkan intervensi dalam menjalankan hidup yang normal dan layak sehingga bisa menjalankan fungsinya sebagai masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, kepala Dinsos Kota Tanjungpinang Achmad Nur Fatah menjelaskan pemberian bantuan itu bertujuan untuk memberikan semangat dan membangkitkan motivasi penyandang disabilitas.

Saat ini jumlah kaum difabel di Tanjungpinang mencapai 557 orang.

“Ke depannya, mari kita berjuang bersama-sama dalam memenuhi kebutuhan dan hak-hak penyandang disabilitas, mulai dari hal yang kecil hingga fasilitas yang memang harus mereka rasakan seperti warga umumnya,” kata Fatah.

Saat ini, kata Fatah merupakan bukti nyata memberikan perhatian melalui penyaluran bantuan yang bermanfaat oleh difabel.

Pihaknya juga memohon dukungan dari lembaga yang berada di bawah Kementerian baik Balai Abiseka maupun donatur swasta dalam mendorong kemandirian bagi pihak difabel, “Khususnya
Tanjungpinang agar diberi atensi yang lebih terhadap kaum difabel yang membutuhkan,” tambahnya. (Dinas Sosial)

Editor: Mendrofa

Share this:

About detikexpose

Tinggalkan Balasan