Home / NASIONAL / Upayakan Kerja Sama Militer AS- Australia dalam Hadapi China.

Upayakan Kerja Sama Militer AS- Australia dalam Hadapi China.

DETIKEXPOSE.COM- Amerika Serikat dan Australia, Selasa (28/7), mengatakan mereka akan memperluas kerja sama militer sementara ketegangan meningkat dengan China, menghadirkan front bersama di antara sekutu.

Dalam pembicaraan tahunan di Washington yang berlangsung meskipun ada pandemi virus corona, Menteri Luar Negeri dan Menteri Pertahanan Australia menawarkan dukungan bagi perubahan sikap pemerintahan Presiden Donald Trump terhadap China.

“Amerika mengetahui ancaman yang Anda dan seluruh dunia bebas hadapi. Dan Amerika mendukung Anda dalam aliansi yang tidak bisa dipatahkan,” Menteri Luar Negeri Amerika Mike Pompeo mengatakan kepada kedua Menteri Australia dalam konferensi pers bersama.

Menteri Pertahanan Amerika Mark Esper memuji partisipasi lima kapal perang Australia pekan lalu dalam latihan dengan armada tempur kapal induk Amerika dan kapal perusak Jepang di Laut Filipina.

Menteri Pertahanan Australia Linda Reynolds mengatakan kedua negara akan membangun hubungan dalam banyak bidang pertahanan, mencakup hipersonik, elektronik, dan perang antariksa.

Kerja Sama itu akan “memperkuat kemampuan kita bersama untuk berkontribusi pada keamanan regional dan mencegah perilaku merusak di wilayah kita,” katanya.[ka/pp]

Share this:

About detikexpose