Home / KEPRI / BINTAN / Wujud Nyata Kepedulian Pemerintah Daerah Membuka Lapangan Kerja Bagi Warga Bintan.

Wujud Nyata Kepedulian Pemerintah Daerah Membuka Lapangan Kerja Bagi Warga Bintan.

Kadisnaker Kabupaten Bintan, Indra Hidayat.

DETIKEXPOSE.COM, BINTAN– Wujud nyata kepedulian pemerintah Kabupaten Bintan mencoba membuka lapangan kerja bagi warga kabupaten bintan dan lainnya, ini sebuah langkah pemerintah membantu mengurangi angka pengngguran.

Perusahaan Bintan Alumina Indonesia (PT. BAI) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang, Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau(KEPRI) membutuhkan tenaga kerja hingga 20.000 orang untuk mendorong kegiatan produksi, Berbagai ke ahlian.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Bintan, Indra Hidayat mengatakan, kepada media ini melalui telepon selulernya, Rabu (22-7-2020) penambahan jumlah pekerja ini dimungkinkan karena tenaga kerja saat ini baru mencapai 2.000 orang, Ini peluang yang harus ditangkap masyarakat Bintan dan lainnya.

Pemkab Bintan dan PT BAI telah menandatangani nota kesepahaman terkait penyediaan tenaga kerja dengan harapan lapangan kerja itu diutamakan berasal dari warga setempat.

“Perlu di ketahui penerimaan tenaga kerja di PT. BAI ada beberapa orang di butuhkan yang bisa berbahasa mandarin, mereka itu nanti akan di bagian dermaga  kapal transtlet dan maupun di bagian operator dan penanggung jawab di pelabuhan, tidak semua tenaga kerja yang di butuhkan di sana di haruskan bisa berbahasa mandarin, hanya beberapa orang saja.

“Bahasa mandarin sudah diakui sebagai bahasa internasional sama seperti bahasa Inggris, dulu di lagoi ada persyarakatan  yang bisa berbahasa Inggris di utamakan, karna ada beberapa bagian yang harus bisa berbahasa tersebut,”Jelasnya.

“Kami berharap masyarakat Bintan mempersiapkan diri, dengan meningkatkan kemampuan agar dapat bekerja di perusahaan itu.

“Bupati Bintan, Apri Sujadi telah meminta pihak perusahaan menyampaikan kebutuhan tenaga kerja yang masih lowong, agar masyarakat yang memiliki keahlian dapat segera melamar kerja.

“Apa saja keahlian yang dibutuhkan, dan berapa jumlahnya, dapat disampaikan kepada kami. Kami akan mendorong masyarakat yang memiliki keahlian itu segera melamar di perusahaan tersebut,” katanya.

“Alhamdullilah, ada sekitar 900 orang yang melamar beberapa minggu ini Di Disnaker Kabupaten Bintan dan sudah kami antar berkasnya di sana menunggu informasi dari PT. BAI.

Kadisnaker Indra Hidayat menjelasakan, Operator  tenaga Asing memiliki batas waktu di indonesia, tidak untuk selamanya dan ada persyarakat perpanjangan ijin kerja bila di butuhkan lagi oleh si pemilik PT, Perlu kita ketahui kalau tenaga kerja asing jauh lebih besar “mungkin”dari UMK pembayarannya yang telah di tentukan pemerintah, oleh sebab itu, di harapkan kepada masyarakat kita untuk mempersiapkan diri untuk bagian -bagian yang mungkin memiliki skil nantinya.

Indra Hidayat, perlu di garis bawahi, Bahwa  wujud nyata pemerintah membuka lapagan kerja bagi warga, puluang ini jangan di sia-siakan ini kesempatan yang baik peluang besar yang menjajikan bagi masyarakan, bila sudah beroperasi nantinya kawasan Gunung Kijang/ galang batang Kabupaten bintan itu bisa menjadi kawasan metropolitan, di dalamnya ada seratusan perusanaan pabrik di sana, bayangkan saja karyawan nantinya mencapai 20.000 orang, harapan kita bersama, semoga dapat segera selesai sampai batas yang telah di tentukan, “harapnya. ( Herman)

Share this:

About detikexpose