Home / NASIONAL / Di Pulau Nias Hanya 1 Kabupaten Raih Penghargaan.

Di Pulau Nias Hanya 1 Kabupaten Raih Penghargaan.

Bupati Nias Sekhi Atulo Laoli bersama para Camat dan lainnya.

DETIKEXPOSE.COM, JAKARTAKepulauan Nias terbagi atas Kabupaten Nias, Kabupaten Nias Selatan, Kabupaten Nias Barat, Kabupaten Nias Utara dan Kota Gunungsitoli. Belum lama, salah satu diantaranya mendapatkan penghargaan.

Tak lain dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk lomba inovasi daerah. Lomba diikuti oleh berbagai daerah di Indonesia dengan dibagi ke tujuh sektor dan kluster. Penghargaan diadakan dengan membagi 4 klaster pemerintah daerah. Diantaranya lomba inovasi antar provinsi, antar kota, antar kabupaten, dan antar kabupaten perbatasan atau tertinggal.

Lomba merupakan gabungan dengan jajaran pemerintah dan kementerian lainnya selain daripada Kemendagri. Pemerintah telah mengumumkan 84 pemerintah daerah (pemda) pemenang lomba video simulasi tatanan normal baru alias new normal. Tentu saja yang berhak mendapat total hadiah Rp 168 miliar.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menyebutkan. Daerah yang berhasil memenangkan lomba inovasi mendapatkan Dana Insentif Daerah (DID). Pemenang pertama diganjar Rp3 miliar, pemenang kedua Rp2 miliar pemenang ketiga Rp1 miliar. Setiap pemda diperbolehkan mengirim video untuk tujuh kategori yang ada. Yang mana video berdurasi dua menit mengenai simulasi protokol kesehatan. Ada 2.517 video yang diikutsertakan sejak lomba dimulai 29 Mei 2020. Video dinilai oleh tim gabungan dari Kemendagri, Kemenkeu, Kemenkes, Kemenpan-RB, Kemenparekraf, Kemendag, Gugus Tugas Percepatanan Penanganan Covid 19, dan Badan Nasional Pengelola Perbatasan.

Kepulauan Nias masuk dalam daftar nama pemenang lomba, tepatnya Kabupaten Nias. Penghargaan tentu didapat bukan serta merta tanpa kerja keras. Peran serta bupatinya sangat berharga. Yakni kiprah dari Sokhiatulo Laoli dalam menjalankan roda pemerintahan kabupaten. Dua penghargaan sekaligus diraih. Penghargaan juara 1 diraih untuk sektor tempat wisata kluster daerah tertinggal. Kemudian ada penghargaan juara 3 diraih untuk pasar modern kluster kabupaten tertinggal. Total hadiahnya didapat sebesar Rp 4 miliar. Tentu rasa syukur mendalam dirasakan oleh bupati Nias. Tidak menyangka bisa mendapatkan dua penghargaan sekaligus. Disampaikan kepada Nawacitapost pada Selasa 23 Juni 2020. Akan tetapi justru 3 kabupaten lain dan 1 kota di Kepulauan Nias tidak tercantum namanya sebagai pemenang. Hanya 1 nama saja yang berhasil mengharumkan Nias di tingkat Nasional. Seolah tertanam di benak semua, lainnya masih tidur. (Ayu Yulia Yang)

Editor: Herman S Mendrofa.

About detikexpose