Polri dan TNI Bersatu Lakukan Kunjungan Kerja dan Siap Beri Pengamanan dalam Rangka Pembangunan RS di Pulau Galang
Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, bersama Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Di Dampingi Kapolda Kepri Irjen Pol. Andap Budhi Tevianto.
DETIKEXPOSE.COM, BATAM Kapolri, Jenderal Polisi Drs. Idham Azis, M.Si bersama Panglima TNI, Marsekal TNI Hadi Tjahjanto S.IP melakukan kunjungan kerja dan bhakti sosial di Pulau Galang Kota Batam, Minggu, 8 Maret 2020.
Dalam kunker tersebut, Panglima TNI bersama Kapolri dan ikut di Dampingi Kapolda Kepri Irjen Pol. Andap Budhi Revianto, melihat langsung persiapan pembangunan Rumah Sakit di eks Camp Vietnam Kecamatan Galang Kota Batam.
Saat berada di Eks Camp Vietnam Kecamatan Galang Kota Batam, Kapolri menyampaikan bahwa kehadiran pihaknya disini adalah untuk melihat dari dekat persiapan pembangunan Rumah Sakit khusus menangani infeksi menular di daerah ini.
“Kita hadir disini dalam rangka melihat langsung dari dekat kesiapan serta persiapan sama-sama di kerjakan baik oleh pemerintah yang di backup langsung penuh dari TNI dan Polri,” kata Kapolri.
Kapolri juga berpesan agar prajurit TNI dan Polri yang akan ditugaskan agar jaga kesehatan dan kerja ikhlas semoga selalu mendapat ganjaran sebagai lahan ibadah.
“Saya berpesan kepada rekan TNI-Polri supaya kalian jaga betul stamina dan lakukan pekerjaan dengan ikhlas, insyaallah itu bagian dari ladang ibadah memberi pengabdian terbaik untuk nusa dan bangsa,” ungkap Kapolri.
Selanjutnya Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP memberikan pengarahan kepada Prajurit TNI-Polri bahwa Pulau Galang merupakan tempat pengungsi Vietnam sebagai lokasi operasi kemanusian pertama di Indonesia.
“Kita melihat bahwa Pulau Galang adalah suatu tempat yang memang sudah ditakdirkan untuk menjadi suatu kawasan dalam rangka operasi kemanusiaan,” kata Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dalam sambutannya.
Dikatakannya, saat ini ada ancaman global seperti ancaman cyber crime dan ancaman biologi. Ancaman biologi saat ini yaitu terjangkitnya penyakit dikarenakan virus Corona yang sudah tertular /terjangkitnya kepada masyarakat.
“Prajurit TNI Polri agar melakukan pengamanan dalam rangka pembangunan RS khusus di wilayah ini agar berjalan dengan lancar, dan agar dijalin terus sinergitas TNI-Polri sehingga ancaman gangguan kamtibmas bisa kita atasi,” imbuhnya.
Panglima TNI dan Kapolri menjelaskan bahwa rencana pembangunan RS khusus ini memiliki 2 (dua) fasilitas yaitu fasilitas untuk observasi dan fasilitas isolasi. Yang mana Kapolri dan Panglima TNI telah mengajukan untuk RS ini agar dapat menyiapkan 1000 (seribu) tempat tidur dan ditambah 50 (lima puluh) ruang isolasi dengan bertekanan negative dan dilengkapi oleh filter Hepa dan termasuk didalamnya ada oksigen secara sinteralis dan kamar mandi didalam ruangan sebanyak 50 (lima puluh).
“Dari 50 (lima puluh) kamar yang didalamnya dilengkapi kamar mandi tersebut sebanyak 30 (tiga puluh) kamar akan digunakan untuk Non ICU dan yang 20 (dua puluh) kamarnya lagi untuk ICU. Sehingga nantinya apabila kita menampung 1000 pasien di RS ini kta sudah memiliki fasilitas untuk memberikan pengobatan,” tambah Panglima TNI.
Rumah sakit ini juga nantinya akan didukung dengan fasilitas penunjang lainya seperti ruang ronsen, laboratorium, apotik dan rumah untuk tenaga medis. Sekaligus Panglima TNI dan Kapolri menyampaiakan bahwa hampir keseluruhan masyarakat sekitar mendukung untuk pembangunan RS ini.
Harapan kita semoga RS ini dapat dibangun secepatnya,” harapnya.
Selesai pelaksanaan Kunjungan di Eks Camp Vietnam Kec. Galang Kota Batam, Kapolri dan Panglima TNI melanjutkan perjalanan ke Pelabuhan Sijantung Kel. Sijantung Kec. Galang Kota Batam untuk melakukan bhakti sosial kesehatan.
Adapun tema dari kegiatan Baksos Kapolri dan Panglima TNI di Pelabuhan Sijantung Kel. Sijantung Kec. Galang Kota Batam tersebut adalah ‘’Sinergitas TNI Polri Sehatkan Selamatkan Indonesia’’. Bakti Sosial Kesehatan Kapolri dan Panglima TNI meliputi Pelayanan Cek tensi, Konsultasi Dokter, Obat dan Vitamin, Cek kolesterol, Cek gula darah, Cek asam urat, KB dan penyerahan bingkisan.
Didalam pelaksanaan Bhakti Sosial Kesehatan yang bertemakan ‘’Sinergitas TNI Polri Sehatkan Selamatkan Indonesia’’ tersebut, Kapolri dan Panglima TNI menghimbau kepada masyarakat setempat agar memperhatikan kesehatan, kebersihan dan memberikan gizi terhadap anak sehingga kekebalan tubuh terjaga.
“Ini bagian bentuk sinergitas TNI-Polri yang nyata hasilnya, sinergitas dijaga, apabila TNI-Polri bersatu, maka semua hambatan akan bisa dihadapi, dan NKRI pasti akan terjaga,” pungkasnya.
Kegiatan Baksos Kapolri dan Panglima TNI bertempat di Pelabuhan Sijantung Kelurahan Sijantung Kecamatan Galang Kota Batam yang dihadiri oleh Plt Gubernur Kepri, Kapolda Kepri Irjen Pol Andap Budi Revianto, Pangdam 1 Bukit Barisan Mayor Jendral TNI MS Fadilah, Dangus Kamlabar Laksamana TNI Yayan Sofyan St. Danlantamal IV TPI Laksamana Pertama TNI Arsyad Abdulah, Danrem 033 Wira Pratama Brigjen TNI Gabriel Leman.( Ed )
EDITOR: Herman