Home / JAKARTA / Tjetjep: Pemeliharaan Kesehatan Prioritas Utama Dinkes Kepri

Tjetjep: Pemeliharaan Kesehatan Prioritas Utama Dinkes Kepri

Kadinkes Kepri Tjetjep Yudiana.

DETIKEXPOSE.COM, KEPRI
Kepala Dinas Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana kepada Detikexpose.com melalui sambungan telepon selulernya, Rabu ( 4-9) mengatakan, peningkatan pelayanan kesehatan dan gizi masyarakat merupakan salah satu target program prioritas. Pasalnya, tahun 2019 menjadi akhir dari 4 target RPJMN tersebut. Idealnya, setiap target yang belum tercapai pada tahun sebelumnya, 2019 harus all out mencapai semua itu.

Beberapa program dan kegiatan kesehatan yang telah dilakukan selama ini, seperti, peningkatan status kesehatan dan gizi masyarakat sesuai sasaran pencapaian sampai ke pelosok-pelosok daerah. Dan tahun ini, untuk status kesehatah dan gisi masyarakat, khsusnya di Kepri telah mencapai target.

Tjetjep menjelaskan, Sesuai dengan program nasional dari Kementerian Kesehatan RI di seluruh daerah yang ada di Indonesia, termasuk di Kepri, yakni 4 target utama kesehatan yang harus dicapai pada 2019. “Target tersebut sudah menjadi keputusan bersama dalam evaluasi paruh waktu Rencana Pembagnuan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019.

Keempat target tersebut, yakni meningkatkan status kesehatan dan gizi masyarakat, meningkatkan pengendalian penyakit menular dan tidak menular, meningkatkan pemerataan dan mutu pelayanan kesehatan, serta meningkatkan perlindungan finansial, ketersediaan, penyebaran, mutu obat dan sumber daya kesehatan.

Selanjutnya Kata Tjetjep, pada pengendalian penyakit menular dan tidak menular yang ditentukan pada beberapa sasaran yang mencakup prevalensi tuberculosis, HIV, eliminasi malaria, prevalensi tekanan darah tinggi, obesitas pada penduduk usia di atas 18 tahun, dan prevalensi merokok penduduk usia di bawah 18 tahun.

Berikutnya peningkatan pemerataan dan mutu pelayanan kesehatan ditentukan tiga sasaran, yakni jumlah kecamatan yang memiliki minimal satu Puskesmas terakreditasi, dan kabupaten/kota yang memiliki minimal satu RSUD terakreditasi.

Akhir kata, peningkatan perlindungan finansial, ketersediaan, penyebaran, dan mutu obat serta sumber daya kesehatan harus memenuhi lima sasaran yang telah ditentukan. Singkat ceritanya, Dinas Kesehatan Kepri terus berupaya menerapkan pola hidup sehat serta target pencapaian kesehatan yang merata dan dapat dirasakan oleh semua masyarakat di Kepri. “seperti Selalu mengecek kesehatan fisik, banyak berolah raga, dan rubah pola makan memperbanyak makan sayur serta buah buahan, mengurangi makan siap saji, “Pesan Tjetjep. ( Herman )

About detikexpose