Home / KEPRI / ANAMBAS / Sardison Berharap Produk KUEM Dukung Pariwisata Halal

Sardison Berharap Produk KUEM Dukung Pariwisata Halal

Kadis PMD dukcapil Drs. Sardison M.TP Saat menyampaik sambutan pembukaan

DETIKEXPOSE.COM, TANJUNGPINANG– Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Dukcapil Provinsi Kepri, Drs. Sardison, M.TP berharap Kelompok Usaha Ekonomi Masyarakat (KUEM), dapat mendukung pariwisata halal di Kepri. Ia ingin semua produk makanan dari KUEM, tersertifikasi halal oleh MUI.

Kadis PMD  dukcapil Drs. Sardison, M.TP berfoto bersa Narasumber dan sejumlah peserta

“Sekarang ini kita sedang menuju trend wisata halal. Saya ingin produk KUEM itu bersertifikat halal semua, agar mendukung wisata halal di Kepri ini,” sebut Sardison saat memberikan sambutan pada sambutan Pelatihan KUEM Desa/Kelurahan, Selasa (20/8).

Karena itu Dinas PMD Dukcapil Kepri juga menghadirkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kepri, sebagai narasumber. Selain itu diharapkan pula produk KUEM dapat bersaing di pasar internasional. Seperti sebelumnya produk asal Batam, yang telah berhasil menembus pasar Jepang.

Juga bilis atau teri hijau yang sudah mampu bersaing di Jakarta dan masuk ke Singapura. Karena itu Sardison berharap nantinya setelah menerima pelatihan, produk KUEM lebih kreatif dan inovatif lagi. Termasuk dengan menampilkan kandungan gizi pada kemasan produk.

“Perlu ditampilkan itu, bahannya apa saja, kandungan gizinya bagaimana. Perlu juga ada penelitiannya,” tambah Sardison. Juga diharapkan setelah pelatihan, KUEM dapat menampilkan kemasan produk yang kekinian dan sesuai selera pasar.
Pelatihan ini diikuti oleh 34 orang peserta dari tujuh kabupaten dan kota di Kepri. Mereka diberikan pelatihan selama dua hari penuh, dengan tujuh narasumber. Mulai dari Balai Pelatihan Masyarakat Pekanbaru Kementerian Desa PDT, Transmigrasi.

Juga dari Balai Pemerintahan Desa Regional Lampung, Kementerian Dalam Negeri serta narasumber dari OPD Provinsi Kepri, Lembaga Halal MUI Kepri, BRI, dan Unsur parktisi/Akademisi lainya. ( Herman/red )

About detikexpose